Journal on Education
Vol 7 No 2 (2025): Journal on Education: Volume 7 Nomor 2 Tahun 2025 In Progress (Januari-Februari 2

Studi Literatur Sistematis Peran Pemikiran Jhon Dewey dalam Impementasi Pembelajaran di Indonesia

Reza Tririzky (Universitas Negeri Padang)
Yeni Karneli (Universitas Negeri Padang)
Sufyarma Masidin (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2025

Abstract

Jhon Dewey merupakan salah satu tokoh terkenal dalam bidang pendidikan. Pemikiran Jhon Dewey banyak menginspirasi pelaksanaan pendidikan termasuk pendidikan di Indonesia, namun seberapa jauh pengaruh pemikiran dan bagaimana penerapan pemikiran Jhon Dewey mesti dikaji lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi penerapan pemikiran Jhon Dewey dalam implementasi pembelajaran di Indonesia. Lebih lanjut, penelitian kajian literatur sistematis diterapkan menggunakan metode PRISMA untuk memenuhi tujuan penelitian tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui pelacakan digital dari sumber yang terpercaya yaitu Google Scholar. Setelah proses pelacakan dan seleksi, terkumpul 14 penelitian yang membahas peran pemikiran Jhon Dewey dalam implementasi pembelajaran di Indonesia. Diketahui bahwa publikasi menunjukkan pemkiran Jhon Dewey sudah dikaji secara mendalam di Indonesia. Namun masih kajian dan penelitian yang dilakukan masih terbatas pada penelitian studi literatur.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...