JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 1, No 4 (2024): Oktober 2024

Penggunaan Buku Cerita Rakyat Menggunakan Bahasa Ibu dalam Keterampilan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri I Soa

Bili, Orance (Unknown)
Suparmi, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi manusia yang digunakan secara lisan maupun tertulis. Tujuan pengajaran Bahasa Indonesia adalah agar siswa dapat menggunakan bahasa yang baik dan benar, sesuai dengan kaidah yang berlaku yang mencakup keterampilan berbicara yang santun, tidak menyinggung perasaan lawan bicara, dan menciptakan komunikasi yang efektif serta harmonis. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pemanfaatan buku cerita rakyat yang menggunakan bahasa ibu di SMP Negeri I Soa. Penggunaan Bahasa Ibu dalam cerita rakyat Dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, serta memudahkan siswa dalam mengungkapkan ide dan pendapat siswa secara lisan ataupun tertulis.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan disekolah selama penelitian. Penelitian despriktif ini digunakan untuk memaparakn hasil secara sistematis tentang pelaksaan pembuatan buku cerita rakyat berbasis bahasa ibu di sekolah. pembelajaran bahasa Indonesia siswa terlihat lebih nyaman menggunakan bahasa ibu (bahasa wue dan bahasa pona) sebab siswa menganggap bahasa Ibu lebih dipahami dan di mengerti. Hasil penelitian di SMP Negeri I Soa menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita rakyat berbahasa ibu efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Melalui pendekatan ini, siswa menjadi lebih percaya diri dan aktif dalam berbicara, serta lebih menghargai Budaya Lokal mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan memuat hasil belajar dan pembelajaran, kajian konseptual dan hasil penelitian tentang Pendidikan dan Kebudayaan yang ada Sekolah dan Masyarakat pada umumnya yang dapat memberikan khasanah keilmuan. Jurnal ini terbit 4 kali dalam 1 tahun. Journal Title : JPK: ...