Permasalahan yang ditemukan di TK Khodijah Mulyojati Metro Barat yaitu sebagian anak mengalami kesulitan untuk mengenal bentuk geometri seperti bentuk lingkaran, segitiga, persegi dan persegi panjang. Hal ini disebabkan minimnya media pembelajaran mengenai bentuk geometri yang digunakan saat pembelajaran berlangsung menjadikan anak tidak terlalu senang dan tidak menarik perhatian anak pada saat pembelajaran berlangsung. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan ini adalah metode penelitian pre-eksperimental design dengan model penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dengan skala likert. Hasil penelitian ini diketahui bahwa uji validitas dengan hasil item instrumen valid berjumlah 30 item, uji reliabilitas sebesar 0,920, uji normalitas pretest sebesar 0,154 dan posttest sebesar 0,077, uji homogenitas sebesar 0,458 dan uji hipotesis paired sample t-test sebesar 0,001 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Nilai rata-rata pretest sebesar 76,2 dan nilai rata-rata posttest sebesar 101,28. Pada kelas eksperimen ini terdapat peningkatan setelah diberikan treatment dengan menggunakan media permainan jump shape sebesar 25,08. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas dalam penggunaan media permainan jump shape untuk mengenalkan bentuk geometri pada pembelajaran kognitif anak usia dini di TK Khodijah Mulyojati Metro Barat.
Copyrights © 2024