Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian besar siswa kelas 7B yang mengalami kesulitan dalam memahami materi Keragaman Suku dan Budaya yang dibuktikan dengan rendahnya nilai ulangan harian yang berada di bawah KKM. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model direct instruction berbantukan chatbot Nuta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dan melalui empat siklus secara bertahap, yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan merefleksikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan belajar meningkat mulai dari pratindak sebesar 32% dengan nilai rata-rata 62,4, siklus I sebesar 64% dengan nilai rata-rata 76,4, dan siklus II sebesar 92% dengan nilai rata-rata 89,2. Dengan demikian, penerapan pembelajaran langsung berbantukan chatbot Nuta terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Keragaman Suku dan Budaya.
Copyrights © 2024