Indonesian Journal of Community Empowerment
Vol. 2 No. 1 (2025): MAJU : Indonesian Journal of Community Empowerment, Januari 2025

PELATIHAN PENULISAN PENDAHULUAN UNTUK PUBLIKASI JURNAL INTERNASIONAL TERINDEKS SCOPUS

Syairofi, Ahmad (Unknown)
Irawan, Tri Bagus (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2025

Abstract

Keberhasilan penerbitan suatu artikel pada jurnal internasional dapat ditentukan oleh kualitas pendahuluannya. Hasilnya, analisis genre melalui analisis langkah-langkah telah menghasilkan sejumlah model untuk mengatur bagian pendahuluan secara efektif. Akan tetapi, analisis langkah-langkah tersebut menerima sedikit perhatian untuk diajarkan kepada para penulis pemula (calon guru), sehingga tak sedikit mereka yang kesulitan untuk menulis bagian pendahuluan. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penulis pemula dalam menyusun bagian pendahuluan. Mengadopsi desain penelitian studi kasus, peneliti mengajarkan model Creating A Research Space (CARS) kepada penulis pemula untuk menulis bagian pendahuluan, melalui pengajaran, praktik penulisan, dan revisi. Kemudian, hasil penulisan tersebut dianalisis menggunakan kerangka penilaian untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan keterampilan penulis pemula dalam menulis bagian pendahuluan dari sebuah manuskrip. Program pengabdian ini melaporkan bahwa terdapat peningkatan kualitas tulisan pada bagian pendahuluan. Meskipun demikian, disarankan untuk terus melatih kemampuan tersebut dan mencoba mengirim naskah lengkap mereka ke jurnal internasional bereputasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

maju

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Environmental Science Public Health

Description

MAJU : Indonesian Journal of Community Empowerment as a national journal focuses on community engagement programs to advance theory and practice related to all forms of community outreach and engagement in Indonesia. This journal is published six issue a year, with online version of E-ISSN : ...