Untirta Civic Education Journal
Vol 7, No 1 (2022)

IMPLEMENTASI INSERSI PENDIDIKAN KEDAMAIAN (PEACE EDUCATION) MELALUI MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Fahmi, Rizal (Universitas Syekh Yusuf)
Adhari, Nursanda Rizki (Universitas Syekh Yusuf)
Pangestu, Ilham Aji (Universitas Syekh Yusuf)
Hubi, Zindan Baynal (Universitas Syekh Yusuf)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis konsep kedamaian untuk dapat diimplementasikan, harmonisasi dan sinkronisasi kedalam konsep pendidikan khususnya Pendidikan Kewarganegaraan. Tidak ada pembangunan berkelanjutan tanpa kedamaian. Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang heterogen, hal ini menjadi perhatian khusus mengingat hal tersebut dapat menjadi faktor pendukung maupun penghambat pembangunan dan kemajuan bangsa. Pendidikan kedamaian merupakan cara yang relevan dalam menanamkan kesadaran hidup yang damai dalam perbedaan. Pendidikan Kewarganegaraan sebagai bidang studi yang dapat menjadi wahana untuk mengimplementasikan pendidikan kedamaian pada sosok Dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di lingkup Perguruan Tinggi, maka perlu adanya usaha pembentukan good and smart citizenship yang beratribut kedamaian, maka diperlukan kurikulum yang memuat ide dasar, konsep, prinsip, keterampilan, dan kualitas yang afektif. Berdasarkan perspektif Pendidikan Kewarganegaraan yang akan menjawab permasalahan terkait dengan pengetahuan, kemampuan, nilai-nilai dan sikap kedamaian, maka perlu adanya insersi Pendidikan Kedamaian kedalam suatu kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah studi kasus yang mencakup pengkajian bertujuan memberikan gambaran secara mendetail mengenai latar belakang, sifat maupun karakter yang ada dari suatu kasus, dengan kata lain bahwa studi kasus memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan rinci. Penelitian dalam metode dilakukan secara mendalam terhadap suatu keadaan atau kondisi dengan cara sistematis mulai dari melakukan pengamatan, pengumpulan data, analisis informasi dan pelaporan hasil.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...