Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol. 5 No. 4 (2024): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

AI UNTUK SANTRI KREATIF: MEMBUKA PELUANG BARU DALAM PENGAJARAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH

Novita Br. Ginting (Unknown)
Siti Nurjanah (Unknown)
Endin Mujahidin (Unknown)
Solehudin, Tohir (Unknown)
Haya Najma Husniyyah (Unknown)
Rizky Tri Mardiansyah (Unknown)
Ziyad Rais (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2024

Abstract

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis AI bagi Santri di Pesantren As Salaam, Ciampea Udik, Bogor bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah para santri melalui integrasi teknologi Artificial Intelligence (AI) sebagai tutor pribadi. Metodologi yang digunakan mencakup survei awal untuk mengukur pengetahuan dasar santri tentang AI dan keterampilan menulis, pelatihan intensif yang terdiri dari beberapa tahap, serta evaluasi berkelanjutan untuk menilai efektivitas program. Hasil survei awal menunjukkan bahwa pengetahuan dasar santri tentang AI dan keterampilan menulis berada pada level rendah hingga sedang, dengan skor rata-rata 2,2 dari 5. Setelah pelatihan, terdapat peningkatan signifikan dalam pemahaman struktur penulisan ilmiah dan penggunaan aplikasi AI, meskipun masih terdapat tantangan dalam manajemen referensi dan pemilihan jurnal publikasi. Rekomendasi untuk tahap selanjutnya adalah peningkatan pendampingan dalam penggunaan aplikasi manajemen referensi dan strategi publikasi ilmiah agar santri lebih siap menghadapi tantangan di dunia akademik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...