Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI)
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember

Pendampingan Hak Cipta bagi Mahasiswa S-1 dalam Pembuatan Buku Panduan Media Pembelajaran Inklusif untuk Siswa Berkebutuhan Khusus

Rohmah, Nur Nabilah Syahrur (Unknown)
Kulsum, Ummi (Unknown)
Alifiani, Alifiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Pendidikan inklusif membutuhkan media pembelajaran yang dapat diakses oleh siswa berkebutuhan khusus, namun tidak semua mahasiswa memahami pentingnya hak cipta dalam pembuatan media tersebut. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan mengenai hak cipta dalam pembuatan buku panduan media pembelajaran inklusif untuk siswa berkebutuhan khusus. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang yang mengikuti mata kuliah Math for Special Needs. Kegiatan ini melibatkan dua tahap, yaitu pemberian materi tentang Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan pelatihan pendaftaran hak cipta secara online. Hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman mahasiswa tentang hak cipta dan proses pendaftarannya, serta berhasil mendaftarkan lima produk buku panduan media pembelajaran inklusif sebagai hak cipta. Keberhasilan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk lebih kreatif dan memahami pentingnya perlindungan hukum atas karya mereka, serta berkontribusi pada pendidikan inklusif di Indonesia. Implikasi dari program ini adalah pentingnya integrasi pengetahuan hak cipta dalam pendidikan tinggi untuk mempersiapkan calon pendidik yang kompeten dan profesional dalam menciptakan media pembelajaran yang inovatif dan legal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) Jurnal ini memuat hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu antara lain pendidikan, ekonomi, teknik, pertanian, sosial, humaniora, dan komputer. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu Februari, April, Juni, ...