Equity in Education Journal (EEJ)
Vol. 6 No. 2 (2024): Edisi Oktober 2024

PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN

Savitri, Amellya Maretta (Unknown)
Winaryo, Slamet (Unknown)
Radiafilsan, Christian (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap kualitas pembelajaran di kelas VII pada SMPN 6 Palangka Raya. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan subjek penelitian guru yang mengajar kelas VII di SMPN 6 Palangka Raya tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah sampelnya 25 guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier sederhana dari Y= a + bX adalah Y = 55,165 + 0,403X. Nilai konstanta (a) adalah 55,165. Nilai koefisien regresi variabel penerapan kurikulum merdeka (b) adalah 0,403. Dari hasil uji hipotesis didapatkan 3,618 > 1,713 sehingga Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini menunjukkan bahwa variabel penerapan kurikulum merdeka berpengaruh positif terhadap kualitas pembelajaran di kelas VII pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Palangka Raya sebesar 36,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eej

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Equity in Education Journal (EEJ) is and Open Access national journal that publishes articles focusing on Education Management, Educational Leadership, Educational Supervision and Education Policy that are able to make a positive contribution to improving the quality of schools and/or educational ...