Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 5 (2024)

Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Bandongan

Budiyati, Rina (Unknown)
Sa'adi, Sa'adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menemukanstrategi, faktor pendukung dan penghambat serta upaya mengatasi hambatan penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Bandongan Kota Magelang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yakni pengamatan dan wawancara. Sumber data primer adalah waka kurikulum, guru PAI dan siswa. Sementara sumber sekunder merupakan dokumen di lokasi penelitian yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, nonparticipant observation, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi penerapan nilai-nilai moderasi beragama di SMK Muhammadiyah Bandongan menggunakan model project based learning metode diskusi dan media video. Nilai-nilai yang sudah diterapkan dalam pembelajaran PAI di sekolah tersebut yakni Tawassuth (mengambil jalan tengah), I’tidal (lurus dan tegas), Tasamuh (toleransi), Syura (musyawarah), Ishlah (reformasi), qudwah (kepeloporan), muwathanah (kewargaan/cinta   tanah   air), al-laa’unf (anti kekerasan), i’tibar al-‘urf (ramah  budaya) (2) Faktor yang mendukung penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Bandongan Kota Magelang yakni dari dukungan dari banyak pihak, peran guru PAI dan model pembelajaran yang menarik, sedangkan penghambatnya adalah kondisi peserta didik, lingkungan, fasilitas dan belum adanya kurikulum moderasi beragama (3) upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam penerapan moderasi beragama pada pembelajaran PAI adalah dengan adanya laboratorium agama, pendampingan dan kurikulum moderasi beragama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...