Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 4 (2024)

Guru Ideal Perspektif Al Ghazali dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter Siswa

Faza, Muhammad Nasih (Unknown)
Widiyanto, Asfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalasis guru ideal persfektif Imam Al-Ghazali dan implikasinya terhadap pendidikan karakter tanggung jawab siswa kelas VII di SMP Dharma Lestari kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitik dengan analisis dokumen atau studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga acara, yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisa data didasarkan pada model Miles dan Huberman antara lain mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Konsep guru ideal menurut Imam Al Ghazali antara lain: 1) Menyayangi muridnya; 2) Mengajar dengan Ikhlas; 3) Menjadikan Ilmu sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan Bukan untuk kekuasaan dan kekayaan duniaw; 4) Bijaksana; 5) Menghormati ilmu lain; 6) Mengetahui sejauh mana kemampuan murid; 7) Menyampaikan ilmu kepada murid yang terbatas kemampuannya; 8) Mengamalkan ilmunya sehingga menjadi teladan (uswatun hasanah). Implikasi terhadap pengembangan karakter tanggung jawab siswa kelas VII di SMP Dharma Lestari antara lain: 1) Meningkatkan motivasi belajar; 2) Meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama; 3) Meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa; 4) Mengembangkan etika dan moral.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...