Guru memainkan peran penting dalam pendidikan, terutama dalam interaksi langsung dengan siswa selama pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan dasar mengajar, termasuk variasi pembelajaran. Jika guru tidak mampu melakukan variasi, siswa dapat merasa bosan dan kurang memperhatikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru kelas IV SDN Kampung Bambu I dalam mengadakan variasi pembelajaran Matematika dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan variasi suara, pemusatan perhatian, kesenyapan, kontak pandang, gerakan badan dan mimik wajah, serta perpindahan posisi. Dan menggunakan pola interaksi secara klasikal, kelompok, dan perorangan. Namun, pada penggunaan media pembelajaran kurang bervariasi, terbatas pada benda konkret dari lingkungan sekitar atau kehidupan sehari-hari, dan jarang menggunakan media berbasis teknologi seperti infokus dan komputer karena beberapa kendala. Kendala utama termasuk teknologi sebagai tantangan yang cukup sulit bagi guru dan kesulitan guru dalam menjaga motivasi belajar siswa. Disarankan agar guru berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk meningkatkan keterampilan teknologi dan terus meningkatkan keterampilannya dalam mengadakan variasi pembelajaran guna menjaga antusiasme siswa.
Copyrights © 2024