Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 6 (2024)

Pemanfaatan Edugame Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa

Azahra, Zainab (Unknown)
Rizal, Rizal (Unknown)
Hiola, Kalsum (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah minat belajar matematika di kelas 1 A SD Negeri 8 Mamboro telah meningkat dengan menggunakan Edugame Wordwall. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing dengan empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan aplikasi Wordwall pada siklus pertama tidak memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah menggunakan web edugame Wordwall, hasil pembelajaran rata-rata adalah 70% dan ketuntasan klasikal 66%. Dalam siklus 2, aktivitas peserta didik meningkat; 17 peserta didik dalam kategori aktif dalam proses pembelajaran menerima skor rata-rata 90% dengan ketuntasan klasikal yang baik, dan 15 peserta didik dalam kategori aktif menjawab pertanyaan menerima skor rata-rata 75%. sehingga wordwall edugame dapat meningkatkan minat siswa dalam matematika kelas 1.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...