Pembelajaran yang didominasi guru membuat siswa kelas IV di SDN 1 Tumbang Rungan pasif dan aktivitas belajar mereka minim. Untuk mengatasinya, diperlukan pembelajaran yang mendorong siswa belajar dalam kelompok untuk membangun pengetahuan. Karenanya, penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Tematik di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpul data berupa dokumen pekerjaan siswa, soal evaluasi dan lembar observasi. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus 1 sebesar 70,8, siklus 2 sebesar 71,5, dan siklus 3 sebesar 77,4. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 68, siklus 2 sebesar 68,05, dan siklus 3 sebesar 70,68. Hasil tersebut menunjukkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tematik. Mengacu pada indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini, maka penelitian ini dinyatakan berhasil karena siswa yang memenuhi KKM melebihi 70%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024