Dalam proses pembelajaran terdapat komponen-komponen yang terlihat dan dikelompokkan pada guru, materi ajar dan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pengembangan pembelajaran passing atas bola voli yang valid untuk siswa SD kota Palembang. Metode penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) atau istilah dalam bahasa Indonesia merupakan penelitian pengembangan. Pendekatan pengembangan yang peneliti gunakan adalah pendekatan ADDIE, dimana pendekatan ADDIE adalah pendekatan yang terdiri dari lima tahapan penelitian diantaranya Anilisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Uji Coba Penerapan (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa SD Islam Az-Zahrah yang diwakili oleh kelas V untuk uji coba lapangan atau implementasi produk pengembangan pembelajaran passing atas bola voli. Hasil dari observasi yang peneliti lakukan bahwasannya pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut masih menggunakan metode konvensional dimana guru hanya menjelaskan kemudian peserta didik diberikan bola untuk melakukan praktik secara mandiri. Adapun subjek uji coba berjumlah 25 orang siswa. Berdasarkan data yang peneliti temukan melaluli kegiatan observasi dilingkungan SD Kota Palembang, peneliti menggali informasi bahwa lingkungan SD Kota Palembang masih sangat membutuhkan banyak permainan-permainan yang dapat digunakan untuk pembelajaran penjas.
Copyrights © 2024