Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP)
Vol 4 No 2 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Pirposal Terhadap Science Attitude Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Pembelajaran IPA Topik Asam Basa

Irnananda, Lenvi (Unknown)
Septaria, Kiki (Unknown)
Susanti, Indri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Pembelajaran pirsopal merupakan pendekatan yang mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek, simulasi, dan diskusi kelompok untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa serta partisipasi mereka dalam pembelajaran sains. Menerapkan metode pembelajaran Pirposal membantu siswa mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan disiplin mereka, serta mendukung pembelajaran Pirposal di seluruh proyek akademik mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh science attitude siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan model pirposal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pre-test dan post-test, di mana jenis penelitiannya adalah kuantitatif dengan penggunaan Science Attitude yang harus konsisten. Penelitian ini terdiri dari pelaksanaan tes awal (pre-test) sebelum diberikan perlakuan, perlakuan, dan dilanjutkan dengan tes akhir (post-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Pirposal dalam RPP menunjukkan hasil yang sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan sebesar 88,75, termasuk dalam kategori sangat tinggi. Uji hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Pirposal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap science attitude siswa terhadap asam dan basa. Nilai signifikansi uji berpasangan sampel t-test untuk tes kognitif dan tes science attitude sebesar 0,000 menunjukkan adanya pengaruh yang besar. Peningkatan science attitude juga tampak signifikan, yaitu peningkatan nilai rata-rata masing-masing sebesar 0,63, yang termasuk dalam kategori sedang. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan dan melakukan korelasi antara science attitude dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Mathematics Physics Other

Description

The Journal publishes scientific articles in Indonesian language which are the research results in the field of Biology, (Ecology, Microbiology, Zoology, Botany, Systematics, Molecular, Bioinformatics), Physics (Material physics, Instrumentation, Astrophysics, Computing), Biology Education, Physical ...