PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics
Vol 7 No 1 (2024): Journal on Pedagogical Mathematics

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs DDI LAPEO

Sarmila, Sarmila (Unknown)
Barambangi, Jamil (Unknown)
Masrura, Sitti Inaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs DDI Lapeo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental tipe pre-test post-test nonequivalent control design. Penelitian dilaksanakan di MTs DDI Lapeo tahun ajaran 2023/2024, dimana kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan lembar observasi. Analisis data dilakukan menggunakan program IBM SPSS Statistic 25. Hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji t (Independent Sample T-Test) diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu, berdasarkan uji N-Gain pada kelas kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,75 yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 0,34. Jadi, disimpulkan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs DDI Lapeo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedamath

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics provides an opportunity for the students, teachers, academicians, researches, and anyone who wants to share the contemporary knowledge in the field of pedagogical ...