Literasi numerasi di Indonesia perlu diperhatikan, karena masih rendah seperti yang diungkapkan dalam laporan Program for International Student Assessment (PISA). Bahkan dalam konteks matematika termasuk materi bangun ruang prisma dan limas. Hal tersebut, disebabkan karena peserta didik masih banyak yang malas memahami materi dan menganggap membaca buku susah untuk menemukan konteks matematika sehingga minat belajar mereka menurun dan literasi numerasi menurun. Oleh sebab itu, tujuan menerapkan kegiatan pembelajaran yang dapat merangsang keingintahuan dan minat peserta didik mampu meningkatkan literasi numerasi peserta didik materi bangun ruang prisma dan limas dengan pengembangan Komik Matematika memenuhi valid, praktis dan efektif. Peneliti menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Kemudian, memperoleh hasil validasi dianalisis menggunakan rumus skala Likert, dengan kepraktisan berdasarkan hasil angket respon guru dan angket respon peserta didik, dan efektivitas dari angket respon peserta didik serta hasil tes literasi numerasi. Hasil uji validasi media komik matematika adalah 82,4% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan media komik matematika diperoleh nilai sebesar 95% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan, hasil uji keefektifan media komik matematika diperoleh nilai sebesar 96,6 % dengan kategori sangat efektif serta hasil persentase skor literasi numerasi 87,56% dengan kategori tinggi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.2 SMPN 38 Pekanbaru yang berjumlah 25 peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa media komik matematika untuk meningkatkan literasi numerasi pada materi bangun ruang prisma dan limas yang valid, praktis dan efektif.
Copyrights © 2024