Al Basirah
Vol. 4 No. 2 (2024): Al Basirah

PELATIHAN MANAJEMEN CLASSROOM BAGI GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI DESA DUWET WONOSARI KLATEN

Sukari (Unknown)
Abdullah Khoir, Mulyanto (Unknown)
Fajrul Kautsar Rifai (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Latar belakang pengabdian ini dilatarbelakangi oleh tantangan yang dihadapi oleh guru-guru di TPQ Al-Hidayah Duwet Wonosari Klaten dalam pengelolaan kelas. Meskipun antusiasme masyarakat, terutama anak-anak dan remaja, tinggi dalam mengikuti kegiatan belajar mengaji, banyak guru yang belum memiliki pengalaman dan keterampilan yang memadai dalam manajemen kelas. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru TPQ dalam mengelola kelas secara efektif melalui pelatihan manajemen classroom yang berbasis partisipasi masyarakat. Metode yang digunakan adalah Community Based Research (CBR), di mana para guru terlibat aktif dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan pelatihan ini dipimpin oleh narasumber berpengalaman dan dibantu oleh mahasiswa sebagai tenaga lapangan. Hasil dari pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan manajemen kelas guru TPQ, yang tercermin dalam suasana belajar yang lebih kondusif dan efektif. Dengan penerapan metode pengajaran yang lebih bervariasi, pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Al-Hidayah juga menjadi lebih menarik dan interaktif bagi siswa. Diharapkan, keberhasilan program ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan di TPQ Al-Hidayah, tetapi juga menjadi model bagi TPQ lain di Kabupaten Klaten.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

albasirah

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Al Basirah adalah jurnal akademik yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STAIMAS Wonogiri. Jurnal Al Basirah bertujuan untuk menerbitkan artikel di pengabdian masyarakat, tidak terbatas pada hasil penelitian, tetapi studi ilmiah dan kasus-kasus lapangan. Jurnal Al ...