Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
Vol 6 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka

PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOMPETENSI KOGNITIF SISWA KELAS V SD/AWP SUAR DWIPA GIRI MEKAR TAHUN AJARAN 2022/2023

Parta, I Made (Unknown)
Numertayasa, I Wayan (Unknown)
Sudiantara, I Komang (Unknown)
Kusuma, I Komang Nada (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kompetensi kognitif IPAS tema sejarah peradaban Indonesia melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis mind mapping. Penelitian ini dilakukan di SD/AWP Suar Dwipa Giri Mekar dengan siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023 sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data dianalisis menggunakan metode deskriftif kualitatif dan kuantitaf dengan kriteria keberhasilan adalah nilai siswa mencapai minimum 75. Hasil yang diperoleh adalah, pada pra- siklus, nilai rata-rata siswa adalah 65.60 dengan ketuntasan klasikal hanya 23.68% yang tergolong belum tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas mencapai 75.74 dengan ketuntasan klasikal mencapai 63.16%, namun belum dapat dikatakan tuntas karena belum mencapai kriteria yang ditentukan. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mencapai 79.63 dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 81.58%, dari data tersebut, dapat dikatakan tuntas dan sudah mencapai target yang ditetapkan peneliti. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran melalui pendekatan saintifik berbasis mind mapping dapat meningkatkan penguasaan kompetensi kognitif IPAS siswa kelas V SD/AWP Suar Dwipa Giri Mekar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

rarepustaka

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka hadir untuk mewadahi tulisan baik berupa artikel penelitian, artikel ilmiah, maupun kajian ilmiah lain yang berkaitan dengan bidang Pendidikan Dasar. Penggunaan Rare Pustaka sebagai nama jurnal ilmiah karena istilah "Rare" dapat diartikan anak yang mengandung ...