Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatakan hasil belajar bahasa inggris melalui penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik Kelas VIII.2 di UPT SPF SMPN 18 Makassar dengan menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 UPT SPF SMPN 18 Makassar yang terdiri dari 27 Peserta Didik. Objek penelitian adalah hasil belajar bahasa Inggris. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas model PBL untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan ini dikatakan berhasil bila mencapai nilai rerata minimal 80 dan ketuntasan belajar klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus milai rerata 75 dengan ketuntasan klasikal rerata 48%. Siklus I nilai rerata 80 dengan ketuntasan klasikal 67%. Sedangkan pada siklus II, nilai rerata sebesar 86 dan ketuntasan klasikal mencapai 89%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.2 UPT SPF SMPN 18 Makassar semester 2 tahun pelajaran 2023/2024 dalam dua siklus Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bahasa Inggris
Copyrights © 2024