Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) 
Volume 4 Nomor 3 Tahun 2025 Article in progress

Upaya Peningkatan Self-Disclosure Dengan Menggunakan Teknik Konseling Art Therapy Pada Siswa

Muh Ridwan Sukri (Unknown)
Andi Arjulia Sari (Unknown)
Andi Fany Fajriani (Unknown)
Khumaerah Nur Mar'ah B (Unknown)
Aulia Meylindah Mahmud (Unknown)
Nur Fadila Istiqamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas konseling art therapy dalam meningkatkan self-disclosure di kalangan siswa SMK Negeri 7 Makassar. Metode purposive sampling digunakan untuk memilih sepuluh siswa berdasarkan penilaian self-disclosure awal mereka. Instrumen penelitian ini menggunakan alat-alat melukis dan kuesioner self-disclosure yang dimodifikasi. Kegiatan konseling yang dilaksanakan pada 17 Mei 2024 mencakup sesi orientasi, aktivitas ice-breaking, meditasi terpandu, dan ekspresi melalui lukisan, diikuti dengan refleksi dan evaluasi. Analisis statistik dengan uji t berpasangan menunjukkan peningkatan skor self-disclosure yang signifikan pasca-intervensi, dengan nilai p-value sebesar 0.00016, menandakan efek substansial dari konseling art therapy. Temuan ini mengonfirmasi bahwa konseling art therapy dapat meningkatkan secara signifikan kematangan emosional dan self-disclosure siswa, menunjukkan potensinya sebagai alat pendidikan yang efektif untuk mendukung perkembangan emosional dan sosial siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dikdasmen

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN)  menerima artikel dalam bidang Pembelajaran, Pengajaran, Pendidikan dasar, Pendidikan ...