Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pembelajaran teknik dasar bulutangkis siswa kelas VII SMP Negeri Muara Batang Empu yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahap yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan wawancara, observasi, angket. Analisis data kevalidan ahli bahasa mendapatkan nilai skor 0,91, ahli materi mendapatkan nilai skor 0,80, dan ahli media mendapatkan nilai skor 0,90. Berdasarkan hasil analisis dari ketiga ahli memperoleh skor rata-rata 0,88 yang menunjukkan bahwa e-modul pembelajaran teknik dasar bulutangkis masuk kategori tinggi kevalidannya. Selanjutnya analisis kepraktisan guru mendapatkan nilai 86%, kepraktisan siswa one to one mendapatkan nilai 86,6%, dan small group 92,5% sehingga keseluruhan nilai kepraktisan e-modul memiliki presentse rata-rata 90,1% dikategorikan sangat kuat kepraktisannya. Berdasarkan hasil analisis keefektifan e-modul diperoleh nilai 0,75 dengan kategori tinggi keefektifannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran teknik dasar bulutangkis telah memnuhi kriteria valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran
Copyrights © 2024