Di era digital yang terus berkembang, pendidikan di Indonesia mengalami transformasi yang signifikan, termasuk dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI). Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, pembelajaran PAI di sekolah dihadapkan pada tantangan dan peluang baru untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter yang selaras dengan prinsip-prinsip Islam. Di MIN 1 Labuhanbatu, penerapan nilai-nilai karakter dalam pengajaran PAI tidak hanya dilakukan melalui metode konvensional tetapi juga melibatkan pemanfaatan teknologi digital sebagai alat untuk menyempurnakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif dari pengintegrasian nilai-nilai karakter ke dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di MIN 1 Labuhanbatu yang didukung oleh teknologi digital. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengetahui bagaimana teknologi digital dimanfaatkan dalam pendidikan karakter. Temuan mengungkapkan bahwa penggunaan media interaktif, platform digital, dan simulasi meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai karakter, serta berdampak positif pada minat belajar dan pengembangan keterampilan digital. Namun, tantangan seperti terbatasnya akses terhadap teknologi dan perlunya peningkatan kompetensi digital di kalangan guru masih harus diatasi. Kajian tersebut menyimpulkan bahwa digitalisasi dalam pendidikan PAI berperan penting dalam memperkuat pemahaman siswa terhadap nilai-nilai karakter, sekaligus mempersiapkan mereka menghadapi tuntutan era modern.
Copyrights © 2024