Journal of Social And Economics Research
Vol 6 No 2 (2024): JSER, December 2024

PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DI MARKETPLACE: STUDI KASUS MITRA RUANG KREASI DI SHOPEE

Rusdianto, Ujang (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana UMKM, khususnya Mitra Ruang Kreasi, memanfaatkan strategi komunikasi pemasaran digital melalui marketplace Shopee. Dengan latar belakang pesatnya perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan UMKM untuk beradaptasi dengan pemasaran digital, penelitian ini mengeksplorasi tantangan serta peluang yang dihadapi dalam mengoptimalkan fitur marketplace seperti iklan berbayar, promosi, dan interaksi langsung dengan konsumen. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan wawancara mendalam dan analisis data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun strategi pemasaran digital melalui Shopee, seperti Shopee Ads dan program promosi, efektif meningkatkan visibilitas dan penjualan, keterbatasan sumber daya dan pemahaman teknologi menjadi hambatan utama bagi UMKM dalam mencapai pemasaran yang berkelanjutan. Penelitian ini menyarankan pentingnya integrasi antara media sosial, marketplace, dan komunikasi pemasaran untuk memastikan pertumbuhan bisnis yang stabil.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social and economic research. Investigated the dynamics of teaching and learning of social education, and social and economic problems in society at the primary, senior, and high education ...