Mutu pendidikan adalah penilaian terhadap kualitas pendidikan berdasarkan keberhasilan lembaga pendidikan dalam mengelola sekolah secara efektif, sehingga menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan mendapatkan kepercayaan serta kepuasan dari masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi MBS dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN 018 Pematang Manggis. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian mencakup Kepala Sekolah, guru, staf administrasi, serta siswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa implementasi MBS di SDN 018 Pematang Manggis mencakup pengelolaan guru, fasilitas dan pendanaan sekolah. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan MBS memiliki kaitan erat dengan peningkatan mutu pendidikan di SDN 018 Pematang Manggis.
Copyrights © 2024