UMKM di Desa Tritiro memproduksi produk olahan makanan dan produk kerajinan tangan. Olahan makanan yang diproduksi dan dihasilkan 5 (Lima) UMKM ini adalah Kacang Tumbuk roll, Kacang Disko, Tenteng, Kacang Kentucky, Abon Telur dan Ikan Asap serta produk anyaman yang berbahan baku daun lontar. Permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM adalah kurangnya pengetahuan mengenai teknologi pemasaran digital. Metode yang digunakan dalam mengidentifikasi permasalahan adalah (1) survey para pelaku UMKM, (2) penyampaian materi dan diskusi, (3) pendampingan yang diisi dengan praktik pembuatan akun istagram dan facebook dan cara beriklan di akun media sosial dengan memanfaatkan feeds, story, maupun reels. Hasil dari identifikasi menunjukkan bahwa banyak UMKM di Desa Tritiro masih menggunakan metode pemasaran konvensional dari mulut ke mulut, pelaku UMKM belum tahu cara memanfaatkan media sosial untuk pemasaran produknya. Hasil dari kegiatan pendampingan pemasaran digital mendapatkan tanggapan yang positif dari pelaku UMKM dan masyarakat Desa Tritiro, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba karna dinilai dapat memberikan pengalaman dan ilmu serta memberikan inspirasi kepada para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya dan mengembangkan usahanya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024