TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 3 No 2 (2024): TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Islam

Efektivitas Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Peningkatan Kreativitas Dalam Pembentukan Karakter Di SMK UISU Pematangsiantar

Harahap, Mely Novasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based-Learning) terhadap peningkatan kreativitas peserta didik dan penguatan nilai- nilai karakter di SMK UISU Pematangsiantar. Penulisan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan guru dan peserta didik sebagai subjek utama. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumentasi, serta analisis refleksi peserta didik, dan dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Hasil penulisan menunjukkan bahwa penerapan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kreativitas peserta didik, terutama dalam aspek berpikir divergen, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Selain itu, juga memperkuat nilai-nilai karakter, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama melalui dinamika kelompok serta penyelesaian proyek. Meski demikian, penulisan ini mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti keterbatasan waktu dan kesulitan dalam mengelola kelompok peserta didik yang heterogen. Temuan ini menunjukkan bahwa adalah strategi pembelajaran yang efektif untuk mengintegrasikan pengembangan kreativitas dan pembentukan pendidikan karakter. Penulisan ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan praktik pembelajaran inovatif yang mendukung perkembangan holistik peserta didik, khususnya dalam konteks pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan ekayasa Perangkat Lunak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tarbiyah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Islam is dedicated to the exploration and dissemination of scholarly research in the field of Islamic Education. The focus and scope of the journal encompass a wide range of topics within the domain of Islamic pedagogy, aiming to contribute to the advancement of knowledge ...