ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Pocket book mathematic (pocmat) pada mata pelajaran matematika kelas III SD yang valid, praktis dan efektif. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pocket book mathematic (pocmat) yang dikembangkan layak digunakan dengan kriteria valid, sangat praktis, dan efektif. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi oleh ketiga validator diperoleh skor rata-rata 77,46% dengan kriteria “Valid”. Produk yang diuji kepraktisannya oleh one to one, small group, dan kelompok besar diperoleh skor rata-rata 93,16% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Produk yang diuji keefektifannya oleh siswa kelas III B diperoleh skor 78,26% dengan kriteria “Efektif”. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka pengembangan media Pocket book mathematic (pocmat) pada mata pelajaran matematika kelas III SD Negeri 228 Palembang dapat disimpulkan bahwa media Pocket book mathematic (pocmat) yang dikembangkan memiliki kriteria valid, sangat praktis, dan efektif. Kata Kunci: Pocket book mathematic (pocmat), Matematika, Bangun Datar
Copyrights © 2024