eL.Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar
Vol 8 No 2 (2024): Desember

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Juniarti, Rini (Unknown)
Disurya, Ramanata (Unknown)
Agustina, Juaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang dibagi menjadi pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I yang berjumlah 17 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 008 Palembang dilihat dari hasil analisis output sig (2- tailed) 0,000 < 0,05 maka Hₒ ditolak dan Hₐ diteima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 008 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eL-Muhbib

Publisher

Subject

Education

Description

eL-Muhbib merupakan jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar dengan ISSN Print: 2614-1051, Online: 2716-5019, yang diterbitkan setiap dua kali setahun oleh Prodi S1 PGMI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah sejak tahun 2017 sebagai media informasi dan pembahasan seputar ...