Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 17 No 1 (2025): Januari 2025

Pengembangan Modul Ajar Biologi Berbasis Project Based Learning (PJBL) pada Materi Ekosistem

Fadli, Ahmad (Unknown)
Ekaningtias, Maya (Unknown)
Jannah, Siti Wardatul (Unknown)
Listari, Nening (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar Biologi berbasis proyek bagi siswa kelas X SMA Tahfiz Al-Batthawi NWDI Kerongkong. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi empat tahap: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Produk modul hasil pengembangan divalidasi oleh validator serta diujicobakan secara terbatas kepada 10 siswa kelas X SMA Tahfiz Al-Batthawi NWDI Kerongkong. Instrumen penelitian berupa angket respon siswa dan analisis data dilakukan menggunakan skala Likert dengan menghitung rata-rata setiap aspek. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa setelah perbaikan, modul memperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 85%, dengan rincian: aspek kelayakan isi 85% (sangat layak), aspek penyajian 87% (sangat layak), dan aspek kelayakan bahasa 83% (sangat layak). Hasil validasi menunjukkan bahwa semua kriteria memperoleh skor sangat valid, dengan persentase skor sebagai berikut: ukuran modul dan desain sampul masing-masing 95%, dan desain isi 90%. Rata-rata kelayakan modul mencapai 97%, dengan kriteria sangat layak Hasil uji coba terbatas 10 iswa kelas X SMA Tahfiz Al-Batthawi NWDI Kerongkong menunjukkan bahwa rata-rata persentase kelayakan bahan ajar modul berbasis proyek adalah 85%, dengan kriteria sangat layak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...