Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol. 6 No. 2 (2024): Vol 6, No. 2, Desember 2024

Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Materi Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X

Mubarokah, Rossida Fatma Syahrulina (Unknown)
Esti Novia Febianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan pembelajaran materi teks laporan hasil observasi dengan menerapkan pendekatan saintifik di SMK Batik 2 Surakarta. Fokus penelitian ini adalah pada kelas X, yang melibatkan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik diterapkan melalui beberapa langkah, yaitu mengamati, menanya, menalar, mengolah, dan mengomunikasikan. Setiap tahap memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Selain itu, pendekatan saintifik memungkinkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, khususnya dalam menulis teks laporan hasil observasi. Penilaian dilakukan berdasarkan pengetahuan dan keterampilan melalui tes tertulis, lisan, serta proyek menulis. Implementasi pendekatan saintifik terbukti efektif dalam membantu siswa memahami dan mengembangkan keterampilan menulis yang lebih baik secara kritis dan kreatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran adalah buletin yang mempublikasikan kegiatan pengembangan dan implementasi inovasi kegiatan pembelajaran di sekolah. Buletin ini menfasilitasi luaran Program Pengenalan Lapangan Persekolahan – pengembangan perangkat pembelajaran dan asisten guru yang ...