Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi  Effective Tax Rate Pada Pada Perusahaan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022. Jenis penelitian yang dilakukan adalah menggunakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder dimana data diambil dari Bursa Efek Indonesia dan Website Perusahaan. Populasi dan Sampel yang digunakan berasal dari Perusahaan sektor Barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019 – 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian asumsi klasik (Uji Normalitas, Uji autokorelasi, Uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), Pengujian secara simultan ( Uji F) dan analisis regresi linear berganda. Variabel Dependen dalam penelitian ini adalah Effective Tax rate sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah Leverage (DER), Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan.Hasil pengujian partial (uji t) menunjukkan hanya variabel profitabilitas yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Effective Tax Rate. Variabel Independen lainnya seperti Leverage dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Effective Tax Rate. Penelitian selanjutnya disarankan mengubah variabel  ukuran perusahaan menjadi variabel moderasi dan menambahkan variabel non keuangan seperti dewan direksi, Komisaris Independen, Peraturan perpajakan dan lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024