Pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget memiliki peran penting terutama pada anak usia prasekolah. Hal ini dikarenakan penggunaan gadget yang tidak tepat dapat menimbulkan dampak terhadap perkembangan anak, salah satunya perkembangan sosial emosional anak. Tujuan: mengetahui pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional anak prasekolah di TK IT Aisyah Cendekia Kota Makassar. Metode: penelitian ini menggunakan jenis penilitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK IT Aisyah Cendekia sebanyak 60 orang. Sampel diambil dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Data penelitian diperoleh dari lembar konsioner, data analisa melalui uji statistik Chi- Squere. Hasil: Hasil penelitian dari analisis univariat menunjukkan pola asuh orang tua sebagian besar pola asuh otoriter sebanyak 71%, dan perkembangan sosial emosional anak sebagian besar pada kategori baik sebanyak 82%. Dari analisis bivariate menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional anak prasekolah dengan nilai p = 0,021. Kesimpulan: diharapkan bagi orang tua untuk menerapkan pola asuh yang baik dalam penggunaan gadget dikalangan anak prasekolah agar tumbuh kembang anak dapat berkembang dengan baik.
Copyrights © 2024