Jurnal Pendidikan Matematika
VOLUME 10 NOMOR 1 JUNI 2023

Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Smartcard terhadap Pemahaman Konsep Matematika SD Kelas II

Fatunnisa, Azza (Unknown)
Mustikaweni, Marthata Cahya Tria (Unknown)
Sutriyani, Wulan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika dan model pembelajaran guru yang masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model discovery learning terhadap pemahaman konsep matematika kelas II SD N 12 Karanggondang pada materi satuan waktu. Penelitian ini menggunakan one-grup pretest-posttest design dengan tes sebagai instrumennya. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis yang menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi < 0,05 atau 0,006 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learningsangat efektif terhadap pemahaman konsep peserta didik. Dengan demikian, hasil penelitian ini menyarankan penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media smartcard pada materi satuan waktu untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The focus and scope of JPM: Jurnal Pendidikan Matematika include various aspects of Mathematics Education, such as research and development, quantitative and qualitative studies, experimental research, correlation and regression analysis, application of theory, critical analysis studies, and Islamic ...