JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 12 No 3 (2024): Vol 12 No 3 September 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) MELALUI PROBLENSOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN MATERI KETENAGAKERJAAN DI KLS XI SMA NEGERI 1 AMANDRAYA T.A 2024/2025

Sari Lase, Indah Permata (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di laksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Amandraya yang berjumblah siswa sebanyak 14 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki, dan 6 orang perempuan dengan mata pelajaran ekonomi pada materi ketenaga kerjaan. PTK ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I presentasi ketuntasan 57,14% dengan rata-rata nilai 62,05%, sedangkan dalam siklus II rata-rata ketuntasan 92,85% dengan rata-rata nilai 72,85%. Penggunaan model Pembelajaran Berorientasi Aktifitas Siswa memberikan pengalaman nyata di mana dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan materi ketenaga kerjaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...