Integrasi teknologi dalam pendidikan sebenarnya sudah mulai diterapkan, terutama dengan meningkatnya penggunaan e-learning dan alat bantu digital lainnya namun pemanfaatannya masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara-cara integrasi teknologi dalam pembelajaran, mengidentifikasi jenis teknologi yang mendukung keterlibatan emosional, perilaku, dan kognitif siswa, serta mengkaji tantangan yang muncul dan merumuskan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi pustaka, ditemukan bahwa infrastruktur teknologi yang memadai, pelatihan guru yang berkelanjutan, dan metode pembelajaran yang variatif sangat berpengaruh terhadap keberhasilan integrasi teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dapat ditingkatkan melalui kolaborasi antara sekolah dan orang tua, serta evaluasi yang rutin terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Rekomendasi yang dihasilkan mencakup peningkatan akses dan ketersediaan teknologi, pengembangan program pelatihan guru dan penerapan metode pembelajaran yang beragam. Penting untuk menjalin komunikasi yang lebih baik antara sekolah dan orang tua, serta membangun jaringan dukungan di antara guru dan profesional di bidang teknologi pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025