JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 1 (2025): Vol 13 No 1 Januari 2025

METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PEMAHAMAN LITERASI SAINS PADA SISWA SD

Rozi Nasution, Sari Wahyuni (Unknown)
Nur Nasution, Hanifah (Unknown)
Zuliani, Unita Sukma (Unknown)
Fauzi, Rahmad (Unknown)
Sari, Lia Purnama (Unknown)
Ermawita, Ermawita (Unknown)
Siregar, Dwi Aninditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh metode pembelajaran berbasis permainan tradisional terhadap pemahaman literasi sains siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri X di Tapanuli Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan tradisional secara signifikan meningkatkan literasi sains siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian, permainan tradisional dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran sains.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...