JBK (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
Vol 10 No 1 (2023): JBK (Jurnal Bimbingan dan Konseling)

PERAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK PERILAKU ANAK

Reski Amamalia (STKIP MUHAMMADIYAH BARRU)
Fiptar abdi alam (STKIP MUHAMMADIYAH BARRU)
T Taufik (STKIP MUHAMMADIYAH BARRU)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mempunyai rumusan masalah yaitu bagaimana peran keluarga dalam membentuk perilaku anak dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran keluarga dalam membentuk perilaku anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Data variabel dalam penelitian ini dikumpulkan dari berbagai literatur atau pustaka dengan membaca, menelaah dan mencatat berbagai literatur atau bahan bacaan yang relevan dengan topik pembahasan. Dan menggunakan metode dengan menelusuri website/situs yang menyediakan berbagai data dan informasi yang berhubungan dengan penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu Pemeriksaan data (editing ), Tabulasi data (Tabulating), Rekonstruksi data (Recontruking), Sistematika data (sistematizing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memiliki peranan sangat penting dalam membentuk perilaku anak yaitu dengan (1) mengoptimalkan potensi yang ada pada anak yakni pendengaran, penglihatan dan hati, (2) berinteraksi sesuai kadar kemampuan dan pengetahuan anak, (3) memberikan teladan yang baik pada anak yaitu sopan santun dalam berbicara dan tingkah laku, (4) membimbing untuk bertanggung jawab sebagai anak menghormati orang tua dan sebagai pelajar menghormati guru, (5) memberikan motivasi kepada anak (6) mengajarkan disiplin diri dan waktu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bkmb

Publisher

Subject

Education

Description

(JBK) Jurnal Bimbingan dan Konseling adalah sebuah jurnal dengan sistem open-access, yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Barru. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan (April dan Oktober) dengan Nomor ISSN Jurnal adalah 2443-0870 (cetak), dan 2798-7140 (Online). ...