JUBIKOPS
Vol 2 No 2 (2022): JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi

PENGARUH TEKNIK LEARNING CONTRACT TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN

Herawati Herawati (STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia)
Taufik Taufik (STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia)
Nashruddin Nashruddin (Universitas Muslim Maros, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh teknik learning contract terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan pembelajaran. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen yang bersifat kuantitatif. Bentuk eksperimen yang digunakan di sini adalah True-Experimental Design, dengan bentuk Desain Pretest- Posttest Control Group-Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA dan IPS di UPT SMA Negeri 3 Pinrang Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IPA 1 dan IPA 2 sebanyak 20 siswa. Untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan statistik deskriptif dan analisis non parametrik dengan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil penghitungan dengan menggunakan SPSS 22.00 for windows melalui two related samples tests terdapat perbedaan nilai rata-rata setelah perlakuan, yaitu lebih tinggi dari pada sebelum diberikan perlakuan. Hal ini dipertegas bahwa sebelum diberikan perlakuan hasil rata-rata nilai pre-test adalah 56.6, dan setelah diberikan perlakuan hasil rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 71.4. Hal itu menunjukkan ada perubahan. Kemudian setelah itu data tersebut dianalisis, maka diperoleh nilai Z yaitu -2,807 dengan nilai Asymp Sig = 0,005 < 0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “tidak terdapat pengaruh penerapan teknik learning contrack terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa pada Kelas XI IPA 1 di UPT SMA Negeri 3 Pinrang” dinyatakan ditolak. Sehingga hipotesis kerja (H1) yaitu “terdapat pengaruh penerapan teknik learning contract terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di UPT SMA Negeri 3 Pinrang” dinyatakan diterima. Hal ini dikarenakan diperolehnya hasil uji beda yaitu nilai Asympt Sig yang lebih kecil dari taraf kesalahan yang ditetapkan yaitu sebesar 0,05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jubikops

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi yang disingkat dengan JUBIKOPS adalah jurnal publikasi ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam setahun (Maret dan September) oleh Universitas Muhammadiyah Barru. Jurnal ini memuat artikel dari hasil penelitian atau ide kontekstual dalam bidang ilmu bimbingan ...