Masih ditemukan rendahnya motivasi belajar siswa adalah dasar dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari hubungan antara interaksi sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 1 Karangawen Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 326 Sampel penelitian sebanyak 64 orang siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala interaksi sosial teman sebaya dan motivasi belajar. Berdasarkan uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai r hitung sebesar 0,624, sedangkan r tabel untuk jumlah sampel 64 adalah 0,254. Oleh karena itu nilai r hitung ˃ r tabel atau 0,624 ˃ 0,254 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 1 Karangawen. Hubungan tersebut menunjukan hubungan yang positif, karena nilai r hitung yang didapat bernilai positif. Hubungan positif tersebut memiliki arti bahwa jika interaksi sosial teman sebaya siswa tinggi maka motivasi sosial siswa tinggi dan sebaliknya jika interaksi sosial teman sebaya rendah maka motivasi bekajar siswa juga rendah.
Copyrights © 2023