HiJaSE (Hamzanwadi Journal of Science Education)
Vol. 1 No. 1 (2024): Hamzanwadi Journal of Science Education

Kajian Literatur: Pembelajaran IPA Terpadu di Sekolah Menengah Pertama

Anida Tri Nastiti (Universitas Lambung Mangkurat)
Nor Hidayah (Universitas Lambung Mangkurat)
Syubhan Annur (Universitas Lambung Mangkurat)
Yumna Iberahim (Universitas Lambung Mangkurat)
Muhammad Fuad Sya’ban (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merinci literatur mengenai implementasi pembelajaran terpadu di sekolah menengah. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review dengan pendekatan kualitatif. Literatur review merupakan proses pencarian dan penelitian kepustakaan yang melibatkan membaca berbagai buku, jurnal, dan publikasi lain yang terkait dengan topik penelitian untuk menyusun artikel tentang subjek atau topik tertentu. Langkah-langkah penelitian mencakup pengumpulan artikel, reduksi artikel, penyajian artikel, diskusi, dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian berasal dari artikel jurnal nasional yang diterbitkan dalam 5 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terkumpul 10 artikel, beberapa di antaranya sesuai dengan judul topik penelitian. Dengan merujuk pada teori sebagai acuan, penerapan pembelajaran terpadu di sekolah menengah mampu meningkatkan kinerja dan hasil belajar siswa pada tingkat pendidikan menengah atas. Dengan singkat, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran terpadu di SMA memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menyeluruh bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hijase

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics Other

Description

Hamzanwadi Journal of Science Education (HiJaSE) publishes scholarly papers that concentrates on science teaching and learning in school settings ranging from early childhood to higher education as well as workplace and informal learning, which are related to science education. Hence, it purposes to ...