Jurnal Pengabdian kepada MASyarakat (J-PMAS)
Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (J-PMas)

PKMS PEMBERDAYAAN KELOMPOK "KARAWO INDAH" DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI PELATIHAN, MANAJEMEN USAHA DAN INOVASI PEMASARAN

Arsana, I Kadek Satria (Unknown)
Nggilu, Rukiah (Unknown)
Nusu, Olgha S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2022

Abstract

Terobosan pemerintah dalam penanganana kemiskinan adalah membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Dimana masyarakat dapat memanfaatkan dan mengikuti kube yang sesuai denga keahlian yang didukung dengan kondisi yang dilaksanakan secara berkelompok. (Kementerian Sosial RI, 2016) Salah satu kelompok KUBE yang masih berjalan meskipun dimasa pandemic Covid-19 adalah kelompok KUBE “Karawo Indah“ yang berdomisili di Kabupaten Gorontalo Utara.yang beranggotakan pengrajin kerawang (Karawo) sebanyak 10 Orang Adapun kegiatan yang dilakukan adalah membuat kemeja krawang, gamis krawang dan jilbab krawang. Kerawang atau Karawo merupakan salah satu pakaian ciri khas masyarakat Gorontalo dengan cara disulam, sehingga menghasilkan bunga dan motif yang bervariasi. Kerawang (karawo) sering digunakan oleh masyarakat Gorontalo di kegiatan-kegiatan formal lainnya serta kerawang juga merupakan ole-ole Provinsi Gorontalo sehingga sangat diminati oleh bukan hanya masyarakat yang ada di Gorontalo namun banyak yang berminat dari daerah-daerah lain. Adapun permasalahan yang dihadapi mitra adalah anggota kelompok kurang termotivasi dalam mengkreasikan motif dan bunga krawang yang diminati sehingga berdampak pada produksi krawang masih kurang, serta kurang adanya keterampilan yang dimiliki oleh anggota, manajemen usaha yang dilakukan oleh ketua dan anggota belum maksimal, dimana mengelolaan keuangan kelomok tidak teratur, sehingga kelompok tidak berkembang, pemasaran produk hanya bersifat manual, sehingga produk krawang yang dihasilkan hanya menumpuk di etalase. Adapun solusi yang ditawarkan oleh pengusul kepada mitra adalah memberikan pelatihan ketrampilan kepada ketua dan anggota kelompok agar meningkatkan ketrampilan dari segi mengkreasikan motif, bunga dan ide, memiliki manajemen yang baik, dengan pemberian pelatihan pembukuan agar manajemen usaha dapat berkembang, solusi selanjutnya memberikan pelatihan inovasi pemasaran melalui facebook, Instagram dan website, agar produk yang dihasilakn dapat dikenal bukannya di kalangan lokal tapi bisa dikenal di kalangan nasional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-PMas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (J-PMas) ini meliputi bidang administrasi, ekonomi, dan ilmu sosial, yang terbit 3 kali setahun, yaitu pada April, Agustus dan Desember dimulai tahun 2022. Jurnal ini dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dan diterbitkan oleh ...