Pembelajaran berdiferensiasi merupakan usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap siswa. Pendekatan ini memperhatikan perbedaan-perbedaan antara siswa dalam kelas, baik dari segi kemampuan, minat, bakat, maupun kebutuhan belajarnya. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dapat didukung oleh pemanfaatan teknologi untuk memberikan berbagai pilihan aktivitas dan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya kognitif siswa. Kajian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran berdiferensiasi dalam kaitannya dengan gaya belajar kognitif siswa. Artikel ini juga berusaha memberikan contoh penerapan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran berdiferensiasi. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan studi kepustakaan dengan mengkaji beberapa literature untuk dianalisis dan dibuat kesimpulan. Hasil kajian menunjukkan bahwa teknologi dapat menjadi alat yang potensial untuk meningkatkan pengajaran di sekolah. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran berdiferensiasi membuat proses pembelajaran dapat lebih maksimal. Teknologi memungkin guru untuk menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan gaya kognitif siswa.
Copyrights © 2024