Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi
Vol. 1 No. 2 (2024): Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD

Meilani Anjelina (STKIP Taman Siswa Bima)
Nurjumiati Nurjumiati (STKIP Taman Siswa Bima)
Suriya Ningsyih (STKIP Taman Siswa Bima)
Husnul Khatimah (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

LKPD merupakan hal penting yang perlu untuk terus diinovasikan, salah satunya menggunakan aplikasi canva. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA peserta didik melalui pengembangan LKPD IPA berbasis Aplikasi Canva. LKPD ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) model ADDIE. Pengambilan data penelitian dilakukan di SDN Rabakodo terhadap peserta didik kelas IV semester II. Tingkat kelayakan LKPD diperoleh dari validator ahli materi dan validator ahli media. Setelah divalidasi dan direvisi kemudian produk diujicobakan secara kelompok besar pada peserta didik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) telah dihasilkan LKPD berbasis Aplikasi Canva yang layak digunakan, ditinjau dari penilaian kelayakan oleh validator materi yaitu 88,75% dengan kategori (sangat layak) dan validator media yang memperoleh skor 95%  (sangat layak) untuk meningkatka hasil belajar IPA peseta didik SD kelas IV; (2) peningkatan hasil  belajar peserta didik melalui LKPD berbasis Aplikasi Canva dengan standar gain sebesar 0,65 dengan kategori sedang; (3) peningkatan hasil kefektifan belajar IPA peserta didik melalui LKPD berbasis Aplikasi Canva sebesar 65 dengan kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

galaxy

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Education Mathematics Physics

Description

Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi is a high-quality open-access peer-reviewed research journal published by the Yayasan Insan Mulia Bima. Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA dan Teknologi provides a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers in the ...