Penelitian ini berawal dari kurangnya semangat siswa dalam melakukan proses pembelajaran sehingga perlu dikembangkan sebuah produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai bahan ajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan serta keefektifan LKPD berbasis kearifan lokal Bima dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SDN Inpres Lara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Pengembangan atau Research and Development dengan model ADDIE yang meliputi 5 langkah yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Uji kelayakan produk dilakukan oleh beberapa validator yaitu 2 ahli materi, dan 2 ahli media. Uji respon peserta didik terhadap produk yang dibuat berjumlah 10 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk LKPD memperoleh nilai rata-rata presentase ahli materi sebesar 96,6% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 93,3% dengan kategori “Sangat Layak”, penilaian respon peserta didik terhadap produk LKPD memperoleh rata-rata presentase 92,1% dengan kategori “Sangat Layak”. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang telah peneliti kembangkan “Sangat Layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Copyrights © 2024