HUMANUS : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara
Vol. 1 No. 3 (2024): HUMANUS (Jurnal Sosiohumaniora Nusantara)

Pemanfaatan Jaringan Sosial Untuk Pemasaran Produk Skintific Pada Aplikasi Tiktok

Lailani Octavia Rahmadhani (author)
Nani Nurani Muksin (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Nurul Baridah Fauzi (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Khairatun Hisan (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Putri Ananda (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jaringan pemasaran produk Skintific di aplikasi TikTok menggunakan pendekatan Social Network Analysis (SNA). Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah  kualitatif yang  berfokus pada kolaborasi antara media sosial TikTok dan penjualan produk Skintific. Menurut Borgatti et al. (2018) dan Scott (2017), SNA adalah teknik yang mempelajari pertukaran sumber daya di antara aktor dan hubungan antara unit-unit sosial. SNA dipilih karena kemampuannya mengungkap dan menganalisis interaksi dalam jaringan sosial. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan studi literatur, dengan fokus pada mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang membeli produk Moisturizer Skintific melalui TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok berfungsi sebagai nodes utama, menghubungkan Skintific dengan pengguna dan memfasilitasi penyebaran informasi produk secara viral melalui like, komentar, dan berbagi konten. Kesuksesan pemasaran Skintific di TikTok didukung oleh kesesuaian demografis pengguna, konten kreatif yang relevan, pemanfaatan fitur TikTok Shop, kolaborasi dengan influencer, konsistensi posting, dan responsivitas terhadap tren. TikTok memberikan manfaat signifikan bagi Skintific seperti jangkauan audiens global, engagement tinggi, peningkatan brand awareness, pemasaran otentik, analisis data real-time, dan konversi penjualan langsung. Kesimpulannya, Skintific berhasil menggunakan TikTok sebagai platform utama untuk promosi dan penjualan produk skincare, meningkatkan kesadaran dan kepercayaan konsumen melalui kolaborasi dengan influencer, serta memanfaatkan TikTok Shop untuk interaksi dan penjualan yang efektif.  Kata Kunci: Jaringan sosial, pemasaran, TikTok, Skintific, Media sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

humanus

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

HUMANUS : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara merupakan wadah untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang hasil penelitian lapangan, laboratorium, literatur review, meta analisis atau sejenis bagi para Dosen, praktisi, profesional, mahasiswa atau individu yang memiliki ketertarikan dalam dalam riset ...