Konflik Palestina – Israel yang telah berlangsung selama beberapa dekade membawa dampak besar terhadap berbagai aspek kehidupan di Gaza termasuk dalam sektor pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak konflik tersebut terhadap pendidikan tinggi di Gaza serta mengevaluasi peran dan kontribusi bantuan yang diberikan oleh Muhammadiyah ke Gaza pada tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, serta analisis dokumen terkait bantuan Muhammadiyah. Konsep Hak Atas Pendidikan, Konsep Ekonomi Pendidikan dan Konsep Aksi Kemanusiaan digunakan untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini. Konflik berkepanjangan mengakibatkan kerusakan infrastruktur pendidikan, gangguan proses belajar – mengajar serta tekanan psikologis terhadap mahasiswa dan staff akademik. Bantuan yang diberikan oleh Muhammadiyah berupa dana yang dikonversikan menjadi program beasiswa untuk pelajar di Gaza berkontribusi signifikan dalam mendukung keberlanjutan pendidikan tinggi di Gaza. Hasil penelitian ini menunjukkan bantuan yang terarah dan berkelanjutan dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap keberlangsungan dan kualitas pendidikan serta membantu mengurangi penderitaan mahasiswa – mahasiswi di Gaza akibat konflik. Kata Kunci: Krisis Pendidikan, Muhammadiyah, Muhammadiyah Scholarship, Pendidikan, Pendidikan Tinggi
Copyrights © 2024