Pendidikan sangat perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi. Peran teknologi sangat penting untuk kemajuan Pendidikan anak-anak. Perkembangan teknologi membawa dampak yang sangat besar, selain memberikan dampak positif pada dunia Pendidikan, perkembangan teknologi yang sangat cepat ini mampu memberikan dampak yang negatif kepada anak-anak. Oleh karena itu, peran dan keterlibatan orang tua dalam mengatasi tantangan pendidikan anak menjadi sangat penting. Pada saat ini teknologi digital berkembang sangat cepat yang mengharuskan orang tua bersikap cermat dalam penggunaannya. Tujuan penulisan literatur review ini adalah untuk 1) mendeskripsikan keterlibatan orang tua dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi digital untuk Pendidikan anak, 2) Dampak penggunaan teknologi untuk Pendidikan anak. Desain penelitian yang digunakan adalah literature review. Literatur review ini diperoleh dari artikel ilmiah dari rentang tahun 2018-2022 dengan menggunakan scopus dalam software Publish or perish (PoP) dan mendapatakn 29 artikel dengan kata kunci keterlibatan orang tua dalam penggunaan digital untuk Pendidikan anak. Dari 29 artikel dilakukan identification, sreening, dan eliglibility, kemudian diperoleh 8 artikel yang sesuai dengan tujuan literatur review dan kriteria penulis. Berdasarkan analisa artikel yang kesimpulan dari kajian ini 1) Terdapat beberapa keterlibatan orang tua dalam penggunaan teknologi untuk pendidikan anak antara lain menggunakan teknologi digital untuk mengelola komunikasi, mengelola aktivitas online anak-anak, menjadi fasilitator untuk mencari informasi; 2) Dampak penggunaan teknologi untuk Pendidikan anak terdapat dampak positif dan negative. Dampak positif seperti membantu interaksi, pencarian informasi, dan mampu memhami, mengetahui, dan memenuhi kebutuhan anak baik untuk perkembangan maupun untuk pendidikan anak. Dampak Negatif seperti kekhawatiran masalah privasi.
Copyrights © 2024