Indonesian Journal of Education
Vol. 1 No. 3 (2025): Edisi Februari

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Spinstata untuk Pengenalan Materi Statistika di Sekolah Dasar

Syahira, Juniva (Unknown)
Emalia Selviana Putri, Ava (Unknown)
Darmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2024

Abstract

Media pembelajaran sangat penting dalam proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran matematika, media pembelajaran dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep matematika yang abstrak. Berdasarkan hasil observasi yang didapatkan, pendidik hanya menjelaskan materi melalui buku dan merasa kesulitan saat menyampaikan materi dikarenakan tidak terdapat media pembelajaran yang mendukung. Hal ini mengakibatkan peserta didik merasa bosan dan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Spinstata (Spinner Statistika) sebagai alat untuk mengenalakan dan memahami materi statistika kepada peserta didik di sekolah dasar. Spinstata (Spinner Statistika) adalah media pembelajaran interaktif berbentuk permainan spinner yang dirancang untuk memperkenalkan konsep dasar statistika, seperti pengumpulan data dan penyajian data. Penelitian ini menggunakan metode Research & Deveopment (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Melalui penelitian ini, diharapkan Spinstata dapat menjadi solusi yang inovatif dan efektif dalam pengembangan media pembelajaran matematika, khususnya pada materi statistika dan dapat diterapkan secara luas di seluruh sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Indonesian Journal of Education (IJE) is dedicated to advancing education by publishing high-quality, original research and scholarly articles. The journal serves as a platform for educators, researchers, and practitioners to share knowledge and insights, aiming to improve educational practices ...